Apakah Penderita TBC Yang Sudah Sembuh Bisa Kambuh Lagi?

Kenapa TBC Bisa KambuhMeskipun sudah dilakukan pengobatan dan penanganan sehingga dinyatakan sudah sembuh mengapa TBC bisa kambuh kembali?untuk lebih jelas dan supaya lebih paham mari kita simak informasi dibawah ini.

Tbc merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja termasuk anak, dewasa, maupun orangtua. Penyakit ini bisa dikatakan penyakit yang mematikan karena sebagian kasus orang meninggal bisa disebabkan karena penyakit TBC. Penyakit ini perlu penanganan dan pengobatan yang khusus untuk mencegah terjadinya kekambuhan yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Apakah Penderita TBC Yang Sudah Sembuh Bisa Kambuh Lagi?

Apakah Penderita TBC Yang Sudah Sembuh Bisa Kambuh Lagi?

Pengobatan yang dilakukan untuk penyakit TBC ini berlangsung selama 6 bulan sampai dengan 1 tahun. TBC ini merupakan penyakit yang dapat disembuhkan dengan cara penderita melakukan disiplin dan kepatuhan terhadap pengobatan tersebut. Penyakit ini dapat kambuh jika penderita mengalami imunitas yang sangat menurun dan pola hidup yang tidak sehat. TBC juga dapat kambuh jika pengobatan yang dilakukan tidak tuntas selama 6 bulan. Untuk memastikan supaya tbc kambuh atau tidaknya sebaiknya anda periksa dan konsultasikan tentang keluhan yang anda alami.

TBC kambuh juga bisa disebabkan karena adanya penularan yang terjadi dari orang yang masih menderita TBC dan menularkannya. Oleh karena itu supaya anda tidak tertular dan tidak mengalami kekambuhan pada TBC hal yang dapat anda lakukan yaitu :

  1. Menjaga stamina tubuh, karena seseorang dengan sistem kekebalan yang rendah dapat beresiko terjadi kambuhnya TBC.
  2. Istirahat dengan cukup, istirahat yang cukup akan membuat badan anda menjadi lebih kuat dan sehat sehingga tidak mudah terkena infeksi bakteri, termasuk bakteri penyebab TBC.
  3. Hindari dahulu dengan orang yang menderita TBC, karena hal tersebut dapat mempengaruhi kesembuhan dan kekambuhan terjasinya TBC kembali.
  4. Biasakan diri untuk sering keluar rumah dan memelihara rumah agar memiliki kualitas udara yang baik. Bepergian ke tempat dengan kualitas udara yang baik seperti pegunungan sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru.
  5. Tidak menggunakan fasilitas umum karena bisa saja barang tersebut sudah dipakai oleh orang yang menderita TBC aktif.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *