Mengatasi Peradangan Hati Akibat Obat TBC

Cara Mengatasi Peradangan HatiPasien yang menderita TBC diharuskan untuk melakukan pengobatan yaitu dengan mengkonsumsi obat antibiotik selama 6 bulan atau lebih. Namun bagaimana saja efek samping yang ditimbulkan dari obat tersebut?untuk lebih jelas, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Penyakit tuberkulosis merupakan penyakit yang merupakan salah satu penyebab kematian terbesar yang diakibatkan oleh infeksi. Pengobatan yang diberikan untuk penderita yaitu kombinasi kombinasi antibiotik rifampisin, isoniazid, pirazinamid, ethambutol dan streptomisin. Pengobatan TBC merupakan pengobatan yang memerlukan kedisiplinan dan kepatuhan supaya tidak menimbulkan dampak pengobatan yang tidak selesai.

Cara Mengatasi Peradangan Hati Akibat Obat TBC

Mengatasi Peradangan Hati Akibat Obat TBC

Efek Samping Obat Tbc

Efek samping yang ditimbulkan dari obat tuberkulosis yaitu ringan bahkan berat. Efek samping ringan yang umumnya terjadi yaitu muntah, mual, nyeri sendi kesemutan, dan kemerahan pada air seni. Sedangkan efek samping berat misalnya muntah, tampak kebingungan, gangguan pada keseimbangan dan pendengaran, sampai peradangan hepar atau juga hepatitis.

Reaksi obat TBC lebih sering ditemukan setelah pengobatan berjalan dalam 2 bulan pertama, gejala yang sering ditimbulkan pada hepatitis akibat dari imbas obat yaitu mual, muntah, nyeri perut, dan ikterik. Ikterik merupakan warna kuning yang tampak pada kulit dan mukosa karena adanya bilirubin pada jaringan tersebut akibat peningkatan kadar bilirubin dalam darah.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Untuk melakukan penanganannya sebaiknya anda konsultasikan kepada dokter, biasanya dokter akan melakukan penghentian obat apabila ditemukan seperti dengan kondisi diatas. Obat anti tuberkulosis yang biasanya dihentikan sementara adalah rifampisin, isoniazid, dan pirazinamid. Dokter akan mengevaluasi gejala klinis dan hasil laboratorium sebelum memulai kembali pengobatan dengan obat-obat tersebut. Biasanya dokter akan mengevaluasi sebelum memulai kembali pengobatan dengan menggunakan obat-obatan tersebut.

Cara Pencegahan

  • Jangan mengkonsumsi obat lebih dari dosis yang dianjurkan khususnya yang mengandung acetaminophen.
  • Jika memiliki penyakit hati, harus menghindari obat-obat seperti acetaminophen dan fenitoin serta obat-obat lain yang diketahui mempunyai efek toksik terhadap hati.
Baca Juga :

Demikian informasi tentang cara mengatasi peradangan hati akibat obat TBC semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *