Dampak Dari Pengobatan TB Paru Yang Tidak Selesai

Pengobatan TB ParuPengobatan TBC biasanya dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama karena untuk mencapai hasil yang maksimal. Bagaimana saja dampak jika pengobatan tidak selesai dan lupa minum obat?untuk lebih jelas, mari simak ulasannya dibawah ini.

Tuberkulosis atau atau TB paru merupakan salah satu penyakit yang dianggap sebagai penyakit menakutkan karena dapat mengancam nyawa penderita. Penyakit ini ditularkan melalui saluran udara jika seseorang memiliki perkembangan tumbuh yang lemah maka TBC akan lebih mudah masuk dan berkembang lebih cepat. Pengobatan yang dilakuakan untuk penderita TBC biasanya pasien harus mengkonsumsi obat-obatan selama 6 bulan atau juga lebih. Lalu bagaimana jika pengobatan tidak diselesaikan secara tuntas misalnya berhenti ditengah-tengah?

Apa Saja Dampak Pengobatan TB Paru Yang Tidak Selesai?

Dampak Dari Pengobatan TB Paru Yang Tidak Selesai

Pengobatan pada penderita TBC dapat membantu untuk mengurangi resiko komplikasi yang sangat berbahaya pada kesehatan dan mengurangi adanya potensi terhadap kematian. Jika penderita TBC tidak menyelesaikan pengobatannya secara tuntas maka kemungkinan yang akan terjadi yaitu :

  1. Beresiko mengalami berbagai efek samping karena tubuh tidak dapat melawan infeksi dan bekteri akan berpotensi untuk tumbuh kembali sehingga dapat menyebar keorgan lain.
  2. Akan mempersulit pengobatan tuberkulosis karena antibiotik yang tersedia untuk mengobati TB terbatas macamnya.
  3. Pengobatan TBC yang tidak selesai akan berpotensi untuk menyebabkan bakteri TBC menjadi resisten/kebal terhadap obat yang sebelumnya diberikan. Sehingga hal tersebut akan mengakibatkan pengobatan TBC dengan jenis obat yang lebih banyak dari sebelumnya.
  4. Akan berakibat pada komplikasi seperti ginjal, jantung, meningitis atau kerusakan pada bagian sendi.

Pengobatan TBC yang tidak selesai juga akan mengakibatkan bahaya TBC pada anak yaitu bisa mempengaruhi perkembangan. Bagi anda yang mempunyai penyakit TBC sebaiknya lakukan pengobatan sesuai dengan anjuran dokter untuk menghindari bakteri Mycobacterium tuberculosis menjadi kebal dan akan akan dapat mempercepat tubuh Anda kembali pulih dan sehat.

Baca Juga : 3 Jenis Penyakit TBC Berbahaya.

Bagi anda penderita TBC jika lupa minum obat dalam jangka waktu sehati, biasanya obat TBC tetap bisa dikonsumsi seperti biasa keesokan harinya. Demikian informasi tentang dampak pengobatan TBC yang tidak selesai semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *