Mengatasi Batuk Pada Penderita Tuberkulosis

Mengatasi Batuk TuberkulosisPada umumnya seseorang yang menderita tuberkulosis akan mengalami gejala batuk yang disertai dengan darah. Batuk tersebut dapat membuat anda menjadi risih dan khawatir. Bagaimana saja cara untuk mengatasinya?untuk lebih jelas, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Pernahkan anda mengalami batuk yang disertai dengan darah? jika anda pernah mengalaminya anda harus waspada karena bisa saja hal tersebut merupakan gejala dari penyakit TBC. Saat masa awal penderita TBC biasanya tidak akan menunjukan gejala apapun dan penyakit belum menular. Ketika TBC sudah berkembang, maka gejala tersebut akan muncul yaitu seperti adanya batuk dahak atau darah. Pada tahap selanjutnya batuk bisa menghasilkan dahak berwarna abu, kuning, yang bisa saja bercampur dengan darah. Bagaimana saja cara untuk mengatasi batuk tersebut?

Cara Mengatasi Batuk Tuberkulosis.

Mengatasi Batuk Pada Penderita Tuberkulosis

TBC merupakan penyakit yang bisa menyerang paru, selain itu penyakit TBC juga dapat menyerang organ lainnya seperti tulang belakang, otak atau ginjal. Penyakit TBC dapat menular melalui udara seperti ketika penderita sedang batuk dekat seseorangĀ  pada saat itu sistem kekebalan tubuhnya menurun. Untuk itu, bagi penderita tbc jika ingin berpergian sebaiknya gunakan masker supaya mencegah terjadinya penularan.

Baca Juga : Cara Pencegahan Penularan TBC.

Untuk mengatasi batuk pada penderita TBC ada beberapa cara yang dapat anda lakukan yaitu :

  1. Dengan melakukan pengobatan TBC, biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik yang harus dikonsumsi oleh penderita dalam jangka waktu selama 6 bulan. Obat tersebut harus dikonsumsi secara tuntas supaya mendapatkan penyembuhan yang maksimal.
  2. Dengan istirahat yang cukup dan pastikan juga anda mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi untuk memastikan sistem kekebalan tubuh.
  3. Dengan menggunakan obat alami yaitu jahe, jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit termasuk batuk pada penderita TBC. Cara menggunakan jahe untuk batu TBC anda bisa meminum air jahe atau juga bisa mencampurnya dengan bahan lain seperti madu, atau lemon.
  4. Dengan menggunakan kembang sepatu, kembang sepatu merupakan tanaman yang dapat digunakan untuk pengobatan penyakit paru-paru. Cara menggunakannya yaitu dengan konsumsi air kembang sepatu secara rutin minimal dua kali sehari pada waktu pagi dan sore.

Baca juga : Ramuan Obat Tradisional Yang Ampuh Dan Aman.

Demikian informasi tentang cara mengatasi batu pada penderita TBC semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *