Komplikasi Penyakit TBC Paru

      Tak ada komentar pada Komplikasi Penyakit TBC Paru


Komplikasi TBCPenyakit TBC yang tidak diatasi dan dilakukan secara cepat, maka akan mengakibatkan komplikasi yang berbahaya. Apa saja komplikasi dari TBC?untuk lebih jelas, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Penyakit tuberkulosis atau TBC merupakan salah satu penyakit yang dapat mematikan didunia. Penyakit ini bisa ditularkan dari penderita TB aktif yang mengeluarkan kecil air liur melalui udara dan terhirup oleh orang yang sehat. Gejala yang umumnya terjadi pada penderita TBC yaitu mual,muntah, batuk berdarah, dan nyeri dada.

Komplikasi Penyakit TBC Paru

Penyakit yang dianggap serius ini merupakan penyakit yang bisa disembuhkan dengan pengobatan secara benar. Pengobatan TBC biasanya dilakukan dengan pemberian antibiotik dalam jangka waktu 6 bulan atau lebih. Jika penderita TBC tidak segera diobati maka TB dapat menyebar keseluruh anggota tubuh bahkan sampai menimbulkan kematian.

Apa saja Komplikasi TBC?

Ada beberapa komplikasi yang mungkin terjadi jika TBC tidak segera dilakukan pengobatan yaitu :

  1. Gangguan pada mata.
    Kondisi gangguan pada mata merupakan kasus yang jarang terjadi, namun bakteri yang diakibatkan oleh TBC bisa menyerang mata baik secara langsung atau tidak langsung. Bagian utama mata yang bisa diserang adalah kornea, kongjungtiva, dan sklera akibatnya pandangan akan terlihat kabur dan mata akan lebih sensitif terhadap cahaya.
  2. Kerusakan pada otak.
    Bila Tbc tidak segera ditangani, penyakit ini akan menjalar pada aliran darah sehingga dapat merusak organ tubuh salah satunya otak. Komplikasi yang terjadi pada otak dapat mengakibatkan penderita mengalami masalah pendengaran, stroke, bahkan kematian.
  3. Kerusakan pada jantung.
    Bakteri akan menyerang pada bagian jantung atau katup jantug, yang jika dibiarkan akan menyebabkan kematian.
  4. Kerusakan pada hati dan ginjal.
    Jika Tbc menyerang pada hati akibatnya yaitu kulit dan lapisan mukosa berubah jadi kuning dan sakit pada bagian perut. Tbc juga bisa menyerang salah satu ginjal atau bahkan kedua ginjal, tbc pada ginjal dapat menyebabkan komplikasi seperti penumpukan kalsium dan ginjal, hipertensi, bahkan sampai menyebabkan gagal ginjal.
  5. Kerusakan pada tulang dan sendi.
    Kondisi akibat tbc yaitu dapat menyebabkan kerusakan pada tulang dan sendi bisa menyebabkan komplikasi lain yaitu timbulnya penyakit saraf, rusaknya bentuk tulang belakang, suara yang parau hingga gangguan menelan.
Sekian & Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *