Cara Pencegahan Penularan TBC

      Tak ada komentar pada Cara Pencegahan Penularan TBC

Cara Pencegahan Penularan TBC – Apakah TBC itu menular? bagaimana saja cara penularannya? berikut adalah informasi sekitar cara pencegahan penularan TBC.

Cara Pencegahan Penularan TBC

Tuberculosis  juga dikenal dengan singkatan TBC, adalah penyakit menular paru-paru, namun bisa juga menyebar ke tulang, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, jantung, dan organ lainnya disebabkan oleh basil Mycobacterium tuberculosis infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang dan merusak jaringan tubuh manusia. Bakteri tersebut dapat ditularkan melalui saluran udara. Penyakit TBC adalah penyakit yang tidak menular melalui kontak fisik contohnya berjabat tangan akan tetapi namun  harus mencuci tangan setelah berjabat tangan, karena media penularan TBC tidak hanya melalui udara bisa juga melalui cairan seperti tetes ludah dan luka di kulit.

Penyakit TBC tidak dapat mudah masuk ke dalam tubuh tidak semua orang yang menghirup udara yang mengandung bakteri TBC dapat langsung sakit, jika seseorang mempunyai sistem imun ( kekebalan tubuh ) yang kuat justru malah akan membunuh bakteri yang masuk  tersebut, biasanya yang mudah terkena TBC ialah anak-anak, lansia, penderita kanker, diabetes, ginjal, berisiko lebih tinggi untuk terinfeksi TBC karena sistem imun yang  tidak mampu melawan pertumbuhan bakteri TBC atau orang yang dekat dengan penderita TBC seperti keluarga, dan teman terdekat.

Cara Penularan TBC

  1. Hindari penggunaan barang pribadi secara bergantian dengan penderita TBC aktif, karena bisa saja bakteri yang dikeluarkan oleh penderita TBC masih menempel. Contohnya seperti handuk dan sikat gigi.
  2. Jangan membuang dahak dan ludah sembarangan, sebaiknya buang ke kamar mandi dan bilas dengan bersih jika tidak akan mengakibatkan bakteri yang ada pada ludah terbang di udara dan terhirup orang orang yang sehat.
  3. Harus menghindari kontak langsung dengan anak – anak, sebab sistem imun yang dimiliki anak – anak masih tidak terlalu kuat untuk membunuh bakteri yang masuk kedalam tubuh.
  4. Membiarkan jendela terbuka agar sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan, supaya  bakteri dari tuberculosis dapat dimatikan secara langsung oleh sinar matahari dan untuk mendorong kuman yang ada di dalam supaya keluar rumah.
  5. Usahakan untuk menutup mulut saat  batuk dan bersin, sebaiknya jangan gunakan tangan  gunakan tisu untuk menutup mulut dan jangan dibuang sampah tisu sembarangan karena bisa saja ada bekas air ludah yang akan menular kepada orang lain.
  6. Mengobati pasien tuberculosis hingga sembuh, agar tidak menularkan lebih luas lagi kepada orang yang sehat.  Jika TBC tidak segera diobati akan menyebabkan penyakit paru – paru lain seperti kanker paru – paru.
  7. Harus menjaga pola makan hidup yang sehat. Baca juga : Makanan Pantangan TBC Yang Harus Dihindari.

Demikianlah informasi tentang cara pencegahan penularan TBC. semoga dapat dipahami dan bermanfaaat.

Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *