Bahaya Penyakit TBC Pada Anak

      Tak ada komentar pada Bahaya Penyakit TBC Pada Anak

Bahaya Penyakit TBC Pada Anak Penyakit TBC merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian terbesar diindonesia. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja termasuk anak-anak yang memiliki sistem imun rendah.

Tuberkulosis adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium Tuberculosis). Jika anda merupakan salah satu orang tua penderita TBC anda harus lebih berhati-hati karena bisa saja anda menularkan penyakit tersebut ke anak. Penularan TBC bisa melalui udara dan merupakan penyakit yang sangat menular. Penyakit TBC merupakan penyakit berbahaya yang sulit terdeteksi karena bakteri TBC berkembang secara lambat.

Bahaya Penyakit TBC Pada Anak

Bahaya Penyakit TBC Pada Anak

Penyakit TBC merupakan penyakit yang paling rentan terjadi terhadap anak penyebabnya yaitu kuman TBC pada orang dewasa yang menular dan berkembang dalam jangka waktu dua tahun setelah kontak dengan penderita.  Penularan TBC yang terjadi pada anak bisa melalui mainan atau makanan yang sudah dikonsumsi sebelumnya. Ibu hamil dengan riwayat TBC juga dapat beresiko terhadap anaknya.

Sebagai orangtua kita harus selalu mengetahui perkembangan sang buah hati jika seorang ibu tidak dekat dengan anaknya maka orangtua tidak akan mengenali perubahan yang terjadi pada anak. TBC paling banyak menyerang pada organ paru karena penularannya lebih cepat yaitu melalui udara, namun TBC juga dapat menyerang organ lain seperti seperti tulang, otak, jantung, mata, dan ginjal serta kelenjar.

Penyakit TBC ini akan lebih bahaya lagi jika sudah menyerang otak, jika otak sudah terkena hal itu akan menyebabkan radang yang harus segera ditangani. Gejala yang biasanya terjadi pada anak yang terserang TBC yaitu batuk selama hampir dua minggu, penurunan berat badan, serta mudah merasakan lemah dan lesu.

Sebaiknya orangtua yang sudah mengetahui bahwa anaknya sudah terkena infeksi TBC segera lakukan penanganan dan pengobatan tbc yang tepat supaya tidak berpengaruh pada tumbuh kembangnya di masa depan. Jika TBC ini tidak segera dilakukan penanganan, bakteri tersebut akan berkembangbiak melalui pembuluh getah bening ke kelenjar getah bening.

Demikian informasi tentang bahaya penyakit TBC pada anak semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *