4 Hal Yang Harus Dilakukan Penderita TBC Agar Tak Menularkan Penyakit

4 Hal Yang Harus – tbc atau tuberkulosis merupakan penyakit nomor 1 penyebab kematian. Yang dimana tbc ini merupakan penyakit saluran pernafasan yang diisebabkan oleh saluran infeksi bakteri, bakteri tersebut yaitu mycobacterium tuberculosis.  Penyakit tbc dikenal dengan penyakit yang mudah menular, penularan penyakit ini bisa melalui dahak, air liur, atau bahkan benda-benda yang sudah terkontaminasi oleh penderita tbc tersebut. 

4 hal yang harus

Meski tbc dikenal dengan penyakit yang sangat mudah menular, namun tidak secara langsung. Begitu masuk kedalam tubuh, bakteri tersebut tidak akan langsung menyebar. Malah, bakteri tersebut akan tertidur lama alias berada difase “dorman”. Bakteri tersebut akan tetap dalam tubuh, namun tidak aktif berkembang biak. 

Selain itu, adapun beberapa faktor seseorang yang bisa tertular tbc salah satunya yaitu sistem imun tubuh yang lemah. Karena jika seseorang memiliki sistem imun yang lemah, maka akan sangat mudah terinfeksi bahkan tertular penyakit tbc. Orang memiliki sistem imun yang lemah akan sangat mudah terinfeksi. Itu sebabnya anak-anak, lansia dan orang penderita HIV atau AIDS, Kanker, Ginjal, dan penderita lainnya lebih mudah terserang infeksi TBC. 

4 Hal Yang Harus Dilakukan Penderita TBC Agar Tak Menularkan Penyakit

Penting untuk anda ketahui, Adapun beberapa hal yang harus dilakukan penderita TBC agar tidak mudah menularkan penyakit. 

  1. Jangan Meludah Atau Bahkan Buang Dahak Sembarangan 
    Hal yang harus diperhatikan yaitu tidak sembarangan meludah atau bahkan membuang dahak secara sembarangan ditempat umum. Hal ini karena, bakteri yang ada didalam ludah bisa berterbangan di udara, dan akhirnya terhirup oleh orang yang ada disekitar. Membuang dahak memang boleh saja, namun tidak boleh sembarangan. Jika ingin membuang dahak atau bahkan meludah, sebaiknya lakukan dikamar mandi lalu siram sampai bersih. 
  2. Tutup Mulut Saat Batuk Dan Bersin 
    Selanjutnya yaitu dengan menutup mulut pada saat batuk atau bahkan bersin. Namun, jangan menutup mulut dengan kedua tangan mengangkup. Hal ini karena, kuman dapat berpindah ketangan dan kemudian akan berpindah lagi ketangan orang lain. Sebaiknya, gunakanlah tisu, namun harus segera dibuang. Atau bahkan anda juga bisa menggunakan saputangan pribadi untuk menutup mulut. 
  3. Hindari kontak langsung dengan anak-anak 
    Dan hal yang paling penting yaitu sebisa mungkin anda menghindari kontak langsung dengan anak-anak, bayi atau bahkan balita. Hal ini karena sistem imun mereka masih kuat dan cenderung melemah. 
  4. Membiarkan sinar matahari masuk langsung kedalam ruangan 
    Dan yang terakhir yaitu dengan membiarkan sinar matahari masuk langsung kedalam ruangan. Perlu untuk anda ketahui, kuman atau bakteri penyebab tbc umumnya bertahan hidup diudara bebas selama satu sampai 2 jam tergantung dari ada tidaknya paparan sinar matahari. Ruangan yang memiliki kondisi gelap, lembap, dan juga dingin. Maka kuman atau bakteri akan bertahan hingga berhari-hari. Namun, bakteri tbc dapat mati secara langsung jika terpapar oleh sinar matahari secara langsung. Maka dari itu, bukalah jendela dan tirai. Biarkan udara segar dan juag sinar matahari masuk kedalam ruangan secara lansung. 

Dan itulah 4 hal yang harus dilakukan agar penderita tbc tidak mudah menularkan penyakitnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *